Masjid Raya Sabilal Muhtadin pusat kegiatan keagamaan di Kota Banjarmasin


            Selain Masjid Jami’ dan Masjid Sultan Suriansyah ternyata masih ada lagi masjid yang terkenal di Kota Banjarmasin, yaitu Masjid Raya Sabilal Muhtadin namanya. Masjid tersebut terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Antasan Besar, Banjarmasin  Tengah, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Masjid tersebut juga disebut sebagai masjid yang terbesar di Kota Banjarmasin.

            Menurut sejarahnya nama Masjid Raya Sabilal Muhtadin tersebut diambil dari nama ulama besar Banjar yaitu Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari yang sekaligus juga sebagai penulis kitab Sabilal Muhtadin. Masjid tersebut dibangun diatas tanah seluas 100.000 meter persegi atau tanah bekas peninggalan Benteng Tatas pada masa Hindia Belanda. Masjid tersebut dibangun pada tanggal 10 November 1974 sampai dengan Oktober 1979.Masjid tersebut mampu menampung hingga 15.000 jama’ah. Bangunan masjid tersebut terbagi menjadi bangunan utama dan menara. Bangunan utama luasnya 5250 meter persegi.

            Saat kalian masuk ke dalam Masjid Raya Sabilal Muhtadin tersebut kalian akan langsung disuguhi dengan kaligrafi ayat-ayat Al-Qur’an, Asmaul Husna, serta 4 nama khalifah pada disekeliling masjid tersebut. Pintu dan jendela masjid tersebut juga dihiasi dengan relief ukiran khas Banjar. Bila kalian perhatikan kaligrafi pada dinding masjid tersebut maka akan terlihat motif seperti tumbuh-tumbuhan hingga menjadikan kesan hidup dan dinamis.

            Untuk msuk ke dalam Masjid Raya Sabilal Muhtadin tersebut kalian nggak perlu membayar biaya masuk tapi kalian hanya perlu membayar biaya parkirnya saja.













































sumber gambar: www.kaltraveler.blogspot.co.id/

Belum ada Komentar untuk "Masjid Raya Sabilal Muhtadin pusat kegiatan keagamaan di Kota Banjarmasin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel