Jembatan Barito salah satu identitasnya urang KalSel




            Ngomongin soal Kalimantan Selatan, pasti bakalan kepikiran sama satu jembatan ini, yaitu Jembatan Barito. Sebuah jembatan yang sudah terkenal sejak dari dulu dan menjadi ciri khas dari Kalimantan Selatan. Jembatan Barito tersebut terletak di Jalan Trans Kalimantan, Marabahan Baru, Anjir Muara, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan.

            Jembatan Barito tersebut diresmikan oleh Presiden ke-dua RI yaitu Presiden Soeharto pada tanggal 24 April 1997, dan jembatan tersebut juga berhasil meraih rekor MURI sebagai jembatan gantung terpanjang di Indonesia, dengan panjang 1.802 meter yang melintasi sungai barito dan pulau kecil di bawah jembatan, yaitu Pulau Bakut namanya. Jembatan tersebut juga sebagai penghubung antara provinsi Kalimantan Selatan dengan provinsi Kalimantan Tengah, jembatan tersebut juga cukup tinggi dari permukaan air, jadi kapal-kapal besar seperti kapal tongkang batu bara yang mengangkut hasil tambangnya bisa lewat bawah jembatan tersebut.

            Kalau pada saat akhir pekan, Jembatan Barito tersebut selalu ramai dikunjungi orang-orang yang ingin menghabiskan akhir pekan di sana, selain bisa menikmati pemandangannya yang indah kalian juga bisa menyaksikan langsung aktivitas masyarakat di sekitar sungai barito dan kalian juga akan melihat kapal-kapal besar pengangkut hasil bumi Kalimantan yang melintas di bawah jembatan tersebut. Jembatan Barito tersebut juga memiliki pemandangan yang sangat indah dan juga asri pada waktu senja hari sehingga banyak para fotografer menjadikan jembatan tersebut sebagai tempat pembuatan video klip dan sebagai background foto para model.

            And bagi kalian yang suka ngemil, kalian nggak usah takut kalau kelaperan, karena di sana banyak banget orang yang berjualan dari makanan sampai barang, and pastinya harganya juga murah bingits guys, nggak bakalan lah nguras isi dompet kalian.

            Oh iya, bagi kalian yang ingin ke Jembatan Barito tersebut gue saranin sebaiknya kalian menggunakan motor atau mobil pribadi, karena di sana jarang banget ada angkutan umun yang lewat, jaraknya dari pusat Kota Banjarmasin juga nggak terlalu jauh cuma sekitar 15 km-an lah and waktu tempuhnya juga sekitar 20-30 menitan lah, and kalian udah bisa menikmati indahnya sungai barito dari atas jembatan kebanggaan urang Kalimantan Selatan tersebut.










sumber gambar: www.bokuwarizal.blogspot.co.id/

Belum ada Komentar untuk "Jembatan Barito salah satu identitasnya urang KalSel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel