Pasar Terapung




            Saat berada di Kalimantan Selatan belum lengkap rasanya kalau tidak mengunjungi salah satu objek wisatanya yaitu Pasar Terapung, adalah pasar tradisional yang berada diatas Sungai Barito, Banjarmasin Utara, Kalimantan Selatan. Pasar tersebut sudah ada sejak 400 tahun yang lalu dan yang paling menakjubkan adalah pasar tersebut masih ada sampai sekarang dan bahkan menjadi ikon objek wisata di Kota Banjarmasin yang sudah sangat terkenal di seluruh nusantara dan menjadi satu-satunya pasar tradisional yang mengapung di TanahAir kita guys.

            Berdasarkan sejarahnya, pasar tersebut merupakan tempat pertukaran barang antar masyarakat dari hasil kebun dan pertanian. Seperti namanya Pasar Terapung, di pasar tersebut para pedagang menjajakan dagangannya dengan mengapung diatas air dengan menggunakan perahu kayu atau yang dikenal dengan jukung, disana kita dapat membeli berbagai macam hasil perkebunan dan pertanian juga terdapat dagangan lainnya seperti pakaian, kue, ikan, dan kalian juga dapat menemukan makanan khas banjar yaitu Soto Banjar dan Nasi Sop Banjar.

            PENTING GUYS!!! Apabila kalian ingin mengunjungi Pasar Terapung tersebut kalian harus datang pagi-pagi buta karna pasar tersebut hanya ada pada waktu pagi yakni mulai jam 06.30 sampai jam 08.00 WITA. Kalau sudah melewati jam tersebut, maka sudah tidak ada lagi.

            Info sedikit nih guys, bahwa keberadaan Pasar Terapung di Kota Banjarmasin-Kalimantan Selatan ini tidak lepas dari kerajaan Banjar yang berdiri sekitar tahun 1595 Masehi. Wilayah Pasar Apung sendiri pada masa itu dalam pengelolaannya dipimpin oleh Patih Masih dan Patin Kuin, mereka berdua menerima tugas dari pemerintah setempat untuk mengelola wilayah tersebut. Seiring dengan perkembangan kawasan Pasar Terapung tersebut dijadikan sebagai tujuan wisata andalan kota Banjarmasin.

            Hal menarik yang bisa kalian temui saat berada di Kota Banjarmasin-Kalimantan Selatan adalah Festival Pasar Apung yang merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh pemerintah Banjarmasin, Festivel ini bertujuan untuk melestarikan Budaya setempat dan sebagai sarana untuk menarik perhatian wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

            Selain itu, setiap hari minggu pagi dari jam 07.00 sampai 10.00 WITA, Pemerintah Kota Banjarmasin juga mengadakan proram Giat Pasar Terapung yang diadakan di Siring Sungai Martapura di Jln. P. Tandean. Maka, jika kalian ada kesempatan berkunjung ke Banjarmasin, jangan lupa untuk menikmati eksotika keindahan Pasar Terapung yang melegenda, baik di Kel. Kuin Utara maupun di Jln. P. Tandean.

            Mengunjungi objek wisata Pasar Terapung tersebut cukup mudah karena lokasinya yang berada didekat kota Banjarmasin, apabila kalian ada yang berasal dari luar kota, kalian bisa transit terlebih dahulu di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin Kalimantan Selatan. Dari kota kita hanya cukup pergi ke daerah Kuin, tepatnya ke dermaga-dermaga kecil jukung, parkiran untuk mobil juga sudah tersedia. Dan dari dermaga jukung-jukung tersebut bisa pesan/carter jukung ke pasarnya dengan mambayar Rp.60.000/jukung.

Belum ada Komentar untuk "Pasar Terapung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel