Bukit Matang Kaladan






            Satu lagi nih guys kawasan bukit yang lagi booming di media sosial, yaitu Bukit Matang Kaladan namanya, terkenal pula dengan nama Bukit Tiwingan. Bukit tersebut berada di Riam Kanan, cukup dekat dari Kota Banjarbaru, atau lebih tepatnya berada disamping Pelabuhan Tiwingan.

            Untuk bisa sampai ke puncak Bukit Matang Kaladan tersebut bukanlah hal yang mudah, karena memang kalian dituntut untuk berusaha terlebih dahulu sebelum menikmati keindahan alam yang diberikan dari puncak bukit tersebut. Setidaknya kalian membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk sampai ke puncak bukit tersebut dengan sudut kemiringan sekitar 60 derajat.

            Dari puncak Bukit Matang Keladan tersebut, kalian akan disuguhkan dengan pemandangan dari pulau-pulau kecil dan juga pemandangan Waduk Riam Kanan yang menjadi pemandangan paling favorit para pengunjung. Karena keindahan yang disajikan, bahkan para wisatawan tersebut ada yang memberi julukan sebagai Raja Ampatnya dari Kalimantan Selatan.

            Jika kalian ingin berkunjung ke bukit tersebut, maka sebaiknya kalian datang ke tempat tersebut pada waktu pagi hari atau saat matahari terbit, karena kalian akan bisa melihat matahari terbit yang begitu indah dari puncak bukit tersebut. Kalian juga bisa loh camping di Bukit Matang Kaladan tersebut, selain diperbolehkan untuk mendirikan tenda, kalian juga bisa kok membawa hammock untuk bersantai diatas bukit tersebut, karena banyak pohon yang ada diatas Bukit Matang Kaladan tersebut, maka kalian pun bisa memasang hammock dimana spot favorit kalian guys.

            Karena Bukit Matang Kaladan tersebut menjadi salah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan dari Bendungan Riam Kanan, maka jangan heran ya guys jika saat kelian berkunjung pada waktu weekend ditempat tersebut begitu ramai pengunjung. Lokasi Bukit Matang Kaladan tersebut terletak di Desa Tiwingan Lama, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Singkatnya, Bukit Matang Kaladan tersebut berada disekitar Dermaga Bendungan Riam Kanan yang jaraknya sekitar 25 KM dari kota Banjarbaru.
 
            Nah jika kalian memulai perjalanan dari Banjarmasin, maka rute perjalanannya terbagi menjadi 2 tahap guys. Jika kalian berkunjung ke Bukit Matang Kaladan tersebut menggunakan mobil atau sepeda motor akan memakan waktu sekitar 1,5 jam dari Banjarmasin untuk menuju ke Dermaga Riam Kanan melalui Banjarbaru, untuk jarak tempuhnya sekitar 60 KM. Setelah sampai di Dermaga, silahkan kalian parkir kendaraan kalian terlebih dahulu, untuk melanjutkan perjalanan kalian akan melalui jalan setapak di perkampungan warga sekitar. Disana juga ada banyak petunjuk arah kok guys, jadi kalian ngak usah khawatir akan tersesat nantinya, atau masih bingung? Kalian bisa tanya kepada penduduk sekitar yang sangat ramah kepada wisatawan.
 
            Sebelum kalian melanjutkan pendakian, nanti pada bagian pos terakhir kalian akan diminta mengisi daftar rombongan serta membayar biaya retribusi sebesar Rp.3000/orang, cukup murahkan guys. Nah, setelah kalian mengisi daftar rombongan dan membayar biaya retribusi kalian dapat melanjutkan perjalanan dengan mengikuti jalur pendakian yang sudah disiapkan oleh pihak pengelola ya guys.

            Idealnya, untuk mendaki bukit tersebut membutuhkan waktu tempuh sekitar 30-40 menitan saja, itu juga sudah termasuk waktu istirahat untuk mengambil nafas sejenak. Nah, sesampainya di puncak Bukit Matang Kaladan tersebut semua rasa lelah kalian akan terbayarkan dengan keindahan alam yang disajikan oleh Bukit Matang Kaladan.

Belum ada Komentar untuk "Bukit Matang Kaladan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel