Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Jalan Jalan Ke Australia

Australia menjadi salah satu destinasi wisata yang ingin disambangi masyarakat Indonesia. Beberapa kota seperti Sydney, Melbourne, Brisbane, Victoria dan Perth sudah populer sebagai tujuan wisata publik Tanah Air.

Namun, jalan-jalan ke Negeri Kanguru ini, Anda harus memperhatikan beberapa hal. Termasuk, aturan yang diterapkan negara tersebut. Pasalnya, setiap negara memiliki tradisi hingga aturan yang berbeda. Supaya liburan semakin nyaman, maka tak ada salahnya untuk mencari tahu kebiasaan dan peraturan dari negara yang akan disambangi.

Buat Anda yang ingin jalan-jalan ke Australia, maka beberapa hal ini perlu Anda ketahui. Tujuannya, agar liburan Anda nyaman tanpa adanya persoalan di negeri tersebut. Mau tau apa aja yang perlu Anda ketahui dari Australia?

Australia negara yang ketat

Ketika Anda berkunjung ke suatu negara, maka akan diberikan incoming passenger card atau kartu kedatangan. Australia pun menerapkan hal tersebut. Pastikan Anda tidak membawa barang-barang yang dilarang masuk ke negara tersebut.

Pihak imigrasi serta Bea Cukai Australia terkenal ketat. Anda akan diperiksa sedikitnya dua kali ketika tiba di bandara. Jangan pernah berbohong mengenai barang bawaan Anda, pasalnya, apabila ketahuan berbohong. Siap-siap untuk dibawa ke detention room.

Australia termasuk negara yang kaya akan sumber daya alam dan hayati. Oleh karenanya, bawaan sekecil benih atau biji cabai pun dilarang masuk, begitu pun susu atau daging. Karena, semua itu bisa Anda dapatkan di negara itu.

Biaya hidup tinggi

 Jika Anda jalan-jalan ke Australia, pastikan membawa budget lebih. Karena, negara ini memiliki biaya hidup yang tinggi. Kota seperti Sydney atau Melbourne terkenal sebagai dua kota besar dengan anggaran hidup tinggi.

Tapi, tak perlu khawatir. Apabila Anda tahu sejumlah trik, maka biaya hidup di Australia bisa ditekan lebih murah. Misalnya, mencari tempat bermalam yang tinggal bersamaan dengan penduduk sekitar, atau cukup menikmati sejumlah wisata gratis. Seperti berkunjung ke museum, Sydney Opera House atau berjemur di pantai Surfer Paradise di Gold Coast.

Ada tiga jenis air minum

Australia salah satu negara yang memiliki tiga jenis air layak minum. Yakni still, tap dan sparkling water. Ketiganya pun berbeda-beda. Still water ialah air kemasan yang biasa disajikan ke dalam botol, sementara sparkling memiliki sedikit soda. Kalau tap water ialah air keran yang layak minum.

Jadi, jangan heran jika Anda makan di sebuah restoran di Australia dan pramusajinya menawarkan sejumlah air minum ketika kamu memilih air putih sebagai teman makan.

Jangan foto anak-anak tanpa izin 

Australia termasuk negara yang ketat dalam melindungi warganya, khususnya anak-anak. Jika Anda liburan ke negara ini, pastikan tidak memotret anak-anak tanpa izin orang tua. Bisa jadiAnda kan kena tegur, baik dari orang tua atau petugas keamanan.

Jadi, pastikan meminta izin orang tua sebelum mengambil gambar anak-anak Australia. Kamu hanya boleh memotret mereka saat bermain di taman ketika mereka beramai-ramai. Tapi, pastikan tidak mengambil foto secara close up.

Toilet tanpa air

Hal satu ini perlu Anda ketahui, karena sistem sanitasi di Australia tidak disediakan air setelah Anda buang air kecil atau pun buang air besar. Seluruhnya menggunakan tisue. Air hanya tersedia untuk pembuangan, tidak untuk bersih-bersih. Jangan khawatir, tisue yang tersedia sudah ramah lingkungan. Sehingga diizinkan untuk dibuang di dalam closet.

Memiliki udara bersih

Australia termasuk negara yang berhasil mengendalikan polusi udara. Beberapa kotanya pun mendapat predikat sebagai kota yang nyaman dan layak untuk dijadikan tempat tinggal. Sebut saja Sydney, Melbourne dan Adelaide. Udara di tiga kota itu begitu bersih dari polusi.

Suhu dingin

Semakin selatan kamu berjalan di benua Australia, maka suhunya akan semakin dingin. Sebaliknya, negara bagian utara justru lebih hangat. Jadi, menyiapkan baju hangat ketika mengunjungi negara-negara di bagian selatan benua Australia. Angin di negara ini juga cukup kencang dengan curah hujan yang sedikit.

Setelah memperhatikan hal-hal di atas, maka liburan Anda ke Australia akan lebih nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *