5 Resep perawatan kulit dari minyak Alpukat

Dengan kandungan berbagai macam vitamin, pelembap, dan asam lemak bernutrisi, minyak alpukat merupakan salah satu bahan perawatan kecantikan terbaik untuk kulit.

Kamu bisa memanfaatkan khasiatnya dengan berbagai cara. Olah menjadi masker atau krim malam. Bisa juga dijadikan minyak untuk pijat wajah, facial oil, atau pelembap tubuh.

Bagaimana cara membuatnya? Berikut ini kami tampilkan beberapa resep perawatan kecantikan dari minyak alpukat atau avocado oil, dilansir dari Livestrong.

Harap diingat, minyak ini lebih direkomendasikan untuk mereka yang berkulit kering. Meskipun sifatnya tidak lengket, minyak alpukat kurang cocok untuk orang-orang yang memiliki kulit kering.

Krim pijat wajah

Krim pemijatan khusus wajah ini sangat ampuh untuk mengatasi kulit kering dan bisa menjadikan wajah bebas kerutan jika digunakan secara teratur.

Bahan:

  • 2 sendok makan minyak alpukat
  • 1 sendok teh air lemon/jeruk nipis
  • 1/2 sendok teh yogurt tawar

Campurkan semua bahan hingga merata, kemudian gunakan untuk memijat wajah. Usapkan di area T wajah, kemudian pijat dengan gerakan melingkar ke arah luar.

Lakukan pemijatan selama 5 menit, setelah itu bilas dengan air dingin hingga bersih.

Campuran losion

Untuk mengobati kulit kering berkerak atau pecah-pecah, campurkan sedikit losion yang biasa kamu gunakan dengan setengah sendok teh minyak alpukat.

Ramuan ini cukup ampun untuk melembutkan tumit, siku, dan lutut yang kering.

Facial oil


Facial oil
ini cocok digunakan setelah toner atau sebelum krim malam.

Bahan:

  • 2 sendok makan minyak alpukat
  • 1 sendok makan minyak zaitun
  • 2 tetes rosehip/jasmine/lavender oil

Tuangkan minyak ke dalam botol kecil atau wadah kedap udara lainnya. Oleskan setetes minyak pada wajah setiap malam.

Simpan botol minyak di tempat yang terlindung dari pancaran langsung sinar matahari.

Masker mingguan

Masker ini bisa menjadi perawatan ekstra bagi mereka yang menginginkan kulit wajah lembut dan bercahaya.

  • 1/2 buah alpukat matang
  • 1 sendok teh minyak alpukat

Haluskan daging buah alpukat dengan garpu, kemudian campurkan dengan minyak alpukat.

Terapkan campuran masker pada wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 10 hingga 15 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin. Keringkan wajah dengan ditepuk-tepuk handuk bersih.

Sleeping pack


Sleeping pack
atau overnight mask tak hanya menjadikan kulit wajah lebih baik dalam semalam. Kamu juga akan bangun dengan perasaan yang lebih baik karena kulit terasa lebih lembap dan kenyal.

Bahan:

  • 1/4 cangkir minyak alpukat
  • 2 sendok makan minyak kelapa padat
  • 2 sendok makan beeswax (lilin lebah)
  • 1 sendok makan shea butter
  • 2 butir kapsul vitamin E

Keluarkan isi kapsul vitamin E, kemudian campur dengan seluruh bahan di panci yang higienis. Panaskan beberapa detik di atas api kompor hingga minyak kelapa, shea butter, dan beeswax meleleh. Angkat, kemudian aduk hingga menjadi cairan kental. Pindahkan ke wadah kedap udara yang higienis.

Oleskan sleeping pack sebagai pengganti krim malam sebelum tidur. Setelah bangun tidur keesokan harinya, cuci wajah dengan face cleanser.

Itulah beberapa resep kecantikan wajah dari minyak alpukat yang bisa kamu praktikkan di rumah. Pastikan kebersihan seluruh alat yang digunakan untuk mengolah ramuan untuk menghindari kontaminasi bakteri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *