5 Hal Mencengangkan Tentang Gedung Tertinggi Di Dunia Burj Khalifa

Burj Khalifa di Dubai hingga kini masih mencatatkan namanya sebagai gedung tertinggi di dunia. Dengan ketinggian 828 meter atau 2.716,5 kaki, belum ada gedung lain yang mampu menandinginya. Melihat gambaran itu, tak heran jika akhirnya gedung ini menjadi lokasi yang wajib dikunjungi ketika jalan-jalan ke Dubai.

Tak hanya sebagai objek foto, menyambangi Burj Khalifa, kamu juga bisa berbelanja, makan di berbagai macam restoran, bermalam di hotel berbintang hingga merasakan salah satu pusat kebugaran terbaik di dunia.

Selain sebagai gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa ternyata punya fakta-fakta menarik yang perlu kamu ketahui, penasaran?

1. Selain memegang rekor dunia sebagai bangunan tertinggi di dunia, Burj Khalifa menyabet enam rekor dunia lainnya, mulai dari bangunan dengan struktur bebas tertinggi di dunia, gedung dengan lantai observasi tertinggi di dunia hingga gedung dengan lift tercepat di dunia. Kecepatan lift di Burj Khalifa bisa mencapai 60 km/jam.

2. Diketahui, untuk mewujudkan gedung tertinggi di dunia dengan berbagai fasilitas mewahnya. Burj Khalifa dibangun dengan biaya sekitar 4,1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 40 triliun.

3. Sebagai gedung tertinggi, Burj Khalifa memiliki bobot yang tidak ringan dari gedung lainnya. Bahkan, bobot betonnya setara dengan 100.000 gajah. Berat total aluminium yang digunakan pada Burj Khalifa setara dengan lima pesawat jenis A380.

4. Untuk mendukung kebutuhan air sehari-hari, Burj Khalifa harus menggunakan 15 juta galon air atau setara dengan 20 kolam renang standar olimpiade. Sementara sistem pendinginnya, hampir sama dengan mencairkan 10.000 ton es setiap harinya.

5. Ini memiliki lift berjalan terlama, yaitu 140 lantai. Lift pergi 10 meter per detik dan termasuk yang tercepat di dunia. Kami butuh waktu sekitar satu menit untuk mencapai dek observasi di lantai 124.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *