5 Ciri yang Mengindikasikan Anda Harus Segera Renovasi Rumah

Ketahanan rata-rata dari sebuah rumah untuk disebut layak huni sekitar 20 tahunan. Jadi, jika sudah melewati tahun tersebut, sudah saatnya Anda untuk melakukan renovasi rumah. Meski rumah Anda masih terlihat bagus, setidaknya amati beberapa ciri paling mencolok yang mengindikasikan bahwa hunian Anda harus segera direnovasi, yaitu sebagai berikut.

  1. Munculnya Banyak Retakan

Ciri pertama yang mengindikasikan rumah Anda agar segera direnovasi adalah mulai adanya banyak retakan di dinding rumah. Apalagi jika rumah yang Anda tempati memang sudah benar-benar berumur dan sudah tidak layak huni sampai dilakukan renovasi. Hal ini tentu membahayakan Anda dan keluarga sebagai penghuninya.

Bukan hanya membahayakan fisik jika sekali waktu rumah Anda roboh, tapi juga membahayakan batin atau mental karena Anda selalu khawatir jika rumah Anda benar-benar akan roboh. Jadi, sebaiknya segera lakukan renovasi pada rumah Anda.

  1. Butuh Ruang Tambahan

Ciri pada poin kedua ini sebenarnya bisa disebut menambah bangunan rumah, khususnya jika yang dibangun itu terpisah dari rumah, misalnya ingin nambah ruang untuk usaha warung. Tapi, jika Anda ingin menambah jumlah kamar tidur secara vertikal, tentu banyak sekali yang perlu Anda persiapkan untuk membangun loteng atu rumah tingkat tersebut.

Mulai dari membongkar atap atau bahkan sampai pondasinya. Jika bangunan rumah tersebut sudah tua, akan lebih baik jika Anda merenovasinya dari bawah. Sedangkan untuk menambah ruangan seperti mushola pribadi di dalam rumah, Anda hanya perlu menambah dinding tembok untuk dijadikan partisi atau sekat dengan ruang keluarga atau dapur.

  1. Kondisi yang Mencekam

Ciri ini sebenarnya bisa Anda kesampingkan, apalagi jika kondisi rumahnya sendiri masih cukup bagus asalkan mendapat perawatan. Tapi, jika kondisinya benar-benar mencekam, apalagi Anda membeli rumah second (bekas) yang dijual murah karena telah terjadi tindakan kriminal di rumah tersebut.

Anda mungkin biasa-biasa saja, tapi bagaimana dengan anggota keluarga atau kerabat lainnya yang ikut tinggal di rumah yang baru Anda beli tersebut? Nah, untuk menghindari histeria mereka, sebaiknya segera renovasi rumah tersebut meski hanya dengan mengubah warna cat atau posisi furnitur-nya.

  1. Ingin Suasana Baru

Bagi Anda yang memang memiliki tabungan dan uang lebih, merenovasi rumah tentu bukan hal yang terlalu sulit untuk dilakukan. Jadi, jika Anda ingin mengubah suasana baru, sangat disarankan untuk segera merenovasi rumah Anda.

Tapi, sebaiknya batasi sesuai kebutuhan agar tidak terkesan menghambur-hamburkan uang. Anda bisa mencoba untuk mengubah warna catnya saja, menambah ruang untuk teras depan dan belakang atau lainnya yang bisa menjadi moodboster Anda dalam melakukan aktivitas.

  1. Luas Tanah yang Tidak Sesuai Sertifikat

Ciri terakhir ini, mau tidak mau, menjadi alasan kuat untuk Anda merenovasi rumah. Misalnya, carport dan teras depan ternyata melebihi luas tanah yang tercantum dalam sertifikat rumah. Jadi, Anda harus ‘memundurkan’ carport dan teras tersebut agar sesuai dengan sertifikat.

Hal ini akan membuat Anda kesulitan di kemudian hari karena dianggap telah ‘memakan’ atau menggunakan tanah negara. Oleh karena itu, segera renovasi rumah Anda dan sesuaikan dengan luas tanah yang ada pada sertifikat rumah dan tanah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *